Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN POKOK BAHASAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II.A SD NEGERI 022 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Syafrina (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN POKOK BAHASAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II.A SD NEGERI 022 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012898.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan shalat dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 022 Tampan Kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 022 Tampan Kota Pekanbaru yang berjumlah 42 orang siswa terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan, dan hasil belajar siswa setelah tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan pokok bahasan sholat. Nilai sebelum tindakan diperoleh dari nilai ulangan siswa. Sedangkan nilai sesudah tindakan diambil demonstrasi sholat yang dilakukan siwa. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan pokok bahasan sholat pada siswa kelas II.A SDN 022 Tampan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Hasil Belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata 61,26 dan ketuntasan klasikal 40%, (2) Hasil Belajar siswa dalam mendemonstrasikan sholat siklus I atau sesudah tindakan dengan rata-rata 65,69 dan ketuntasan klasikal 55%, (3) Hasil Belajar siswa dalam mendemonstrasikan sholat siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 76,00 dan ketuntasan klasikal 74%, dan (4) Hasil Belajar siswa dalam mendemonstrasikan sholat siklus III sesudah tindakan dengan rata-rata 88,29 dan ketuntasan klasikal 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 07:49
Last Modified: 28 Oct 2016 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8573

Actions (login required)

View Item View Item