Febi Enggla, - (2024) Pengaruh Model Pembelajara Role Playing Terhadap Kreativitas Belajara Siswa Pada Pembelajara IPS Di MTsN 3 Roka Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
Abstract
ABSTRAK Febi Enggla (2024) : Pengaruh Model Pembelajara Role Playing Terhadap Kreativitas Belajara Siswa Pada Pembelajara IPS Di MTsN 3 Roka Hulu Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode Role Playing terhadap tingkat kreativitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 3 Rokan Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas siswa untuk mengungkapkan ide-ide atau gagasan baru sehingga siswa merasa malu untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mereka dan Siswa kurang mampu untuk mengungkapkan berbagai alternatif dalam menyelesaikan masalah yang ada. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasi Experiment. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain ini melibatkan dua kelompok untuk perbandingan, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini mencakup keseluruhan siswa kelas VIII di MTsN 3 Rokan Hulu, yang berjumlah 286 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII.2 berjumlah 32 eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji validitas dan realibilitas lembar angket keterampilan berbicara siswa yang akan disebarkan. Analisis data uji hipotesis penelitian dibantu aplikasi SPSS versi 25 dan mengujinya menggunakan uji independent sample t test dengan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 72.63 sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran role playing dengan rata-rata posttest 61.50. Hal ini dapat diketahui dari thitung (6.950) > ttabel (1.669). Dari hasil perhitungan data Strong Effect diketahui bahwa nilai sebesar 2.19 maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing terhadap kreatvitas siswa memiliki Strong Effect (efek besar). Kata Kunci; Model Pembelajaran Role Playing, Kreativitas Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2025 01:06 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2025 01:06 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |