Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D CHEMISTRY PERIODIC TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

NATASYA SISILIA SAFITRI, - (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D CHEMISTRY PERIODIC TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HSIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Kemampuan kognitif setiap siswa berbeda-beda, dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif perlu dilatih serta dioptimalkan kepada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan pembelajaran terdiferensiasi menggunakan aplikasi 3D chemistry periodic Table, pembelajaran terdiferensiasi tanpa menggunakan aplikasi 3D chemistry periodic Table dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Di SMA Negeri 1 Tambang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mixed Method Research) dengan desain penelitian model Sequential Explanatory dimana sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelas X SMA Negeri 1 Tabang, yaitu 2 kelas eksperiment dan satu kelas kontrol. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0.05 sehingga menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil N-gain kelas eksperimen satu 0.77 dan kelas eksperimen dua 0.71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0.60 dengan kategori sedang. Hal ini terbukti bahwa pembelajaran terdiferensiasi dengan aplikasi 3D mengalami peningkatan kemampuan kognitif. Respon siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan media 3D sangat baik dengan persentase 81.41 %. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Terdiferensiasi, Aplikasi 3D, Chemistry Periodic Table, Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYENNI KURNIAWATI, -2012067401yenni.kurniawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:54
Last Modified: 16 Jan 2025 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85701

Actions (login required)

View Item View Item