Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

REZI AMALIA PUTRI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif siswa merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam mempelajari ilmu kimia. Keterampilan berpikir kreatif siswa saat ini masih tergolong rendah sehingga dibutuhkan pembiasaan dan penerapan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada kelas XI F kimia di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan memberikan pretest dan posttest pada kedua kelas sampel. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji koefisien determinasi. Uji-t untuk mengetahui adanya pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa yang menghasilkan sig.(tailed) 0.003 yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada kedua kelas sampel dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui besar pengaruh yang ditimbulkan yang menghasilkan r 2 sebesar 0.605 sehingga nilai Kp yang diperoleh sebesar 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Project based learning, Keterampilan berpikir kreatif, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMITERIANIFA, -2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:59
Last Modified: 16 Jan 2025 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85694

Actions (login required)

View Item View Item