Afrida (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI MUSA AS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PESISIR KECAMATAN LIMA PULUH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012889.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a. Kurangnya murid membaca dan memperhatikan pelajaran, hal ini terlihat ketika guru bertanya murid hanya diam saja. b) Kurangnya keingintahuan murid terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas, hanya sebagian murid yang mau bertanya atau mengajukan pendapatnya, c) Murid tidak berani bertanya jika belum paham dengan pelajaran yang telah diberikan guru, d) Murid kurang semangat belajar ketika diminta guru untuk memecahkan soal, menganalisis dan mengambil keputusan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SDN 003 Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah murid sebanyak 32 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam materi Menceritakan Kisah Nabi Musa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Dapat dijelaskan bahwa melalui strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 39.7%. Siklus I meningkat dengan perolehan rata-rata persentase 54.9%. Siklus II memperoleh rata-rata persentase 74.6%. Sedangkan pada siklus III aktivitas belajar siswa memperoleh rata-rata persentase 84.4%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 08:11 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8569 |
Actions (login required)
View Item |