Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP

JAMIATUL HASANAH HSB, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JAMIATUL HASANAH HSB.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

ABSTRAK Jamiatul Hasanah Hsb, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self confidence siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII Hang Nadim sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Hang Lekiu sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari tingkat self confidence tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry based learning dengan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self confidence siswa SMP. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Confidence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZUBAIDAH AMIR, --zubaidah.amir@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:12
Last Modified: 16 Jan 2025 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85660

Actions (login required)

View Item View Item