Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA

NUR’AINI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR'AINI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

ABSTRAK Nur’aini, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 9 Bengkalis dengan sampel penelitian kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran MID dan konvensional; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian model pembelajaran MID berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, namun interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIRMA FITRI, --irma.fitri@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:08
Last Modified: 16 Jan 2025 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85659

Actions (login required)

View Item View Item