NUR’AINI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI NUR'AINI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
Abstract
ABSTRAK Nur’aini, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 9 Bengkalis dengan sampel penelitian kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran MID dan konvensional; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian model pembelajaran MID berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, namun interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |