Aldi Mardiansyah, - (2025) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 1 Tandun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
Abstract
ABSTRAK Aldi Mardiansyah (2024): Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 1 Tandun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model guided discovery learning terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 1 Tandun. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, siswa kurang mampu menjelaskan materi secara sederhana dan siswa kurang mampu membangun keterampilan dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII di SMPN 1 Tandun pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 110. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 orang dengan sebaran 28 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Tenik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui perhitungan thitung dan ttabel yang diperoleh thitung > ttabel atau 18,470 > 2,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan variabel independent (model guided discovery learning) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependent (berpikir kritis) siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun hasil perhitungan data effect size diketahui bahwa nilai effect size sebesar 1,312, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap berpikir kritis siswa memiliki Strong Effect (Efek Tinggi). Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning; Berpikir Kritis Siswa; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 01:34 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 01:34 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |