Tutik Haryanti, - (2025) Internalisasi Nilai-nilai Resiliensi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bintan Timur. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tutik Haryanti (2024): Internalisasi Nilai-nilai Resiliensi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bintan Timur Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya internalisasi nilai-nilai resiliensi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Bintan Timur yang dilatar belakangi masih rendahnya sikap resilien siswa jenjang SMP di wilayah tersebut. Resiliensi, sebagai kemampuan untuk bangkit dari berbagai tantangan hidup, memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa. Melalui pembelajaran PAI, nilai-nilai resiliensi dapat ditanamkan dengan memanfaatkan ajaran-ajaran Islam yang menekankan ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan dalam menghadapi ujian hidup. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menjelaskan bagaimana guru PAI dapat mengintegrasikan nilai-nilai resiliensi melalui metode pengajaran yang melibatkan keteladanan, pemberian motivasi, dan penggunaan teks-teks keagamaan yang relevan. Selain itu, penelitian ini juga menguraikan manfaat internalisasi nilai-nilai resiliensi dalam membantu siswa mengembangkan sikap positif, mengelola stres, dan memupuk semangat untuk terus belajar meskipun dihadapkan pada kesulitan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor dominan yang memengaruhi internalisasi nilai-niai resiliensi adalah dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan pertemanan siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai resiliensi dalam PAI tidak hanya dilihat dari proses pembelajaran PAI tapi juga adanya keberpihakan orang tua serta lingkungan positif siswa. Dengan internalisasi nilai-nilai resiliensi dalam PAI maka akan memperkuat aspek keagamaan siswa dan membentuk generasi yang lebih tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan. Kata kunci: Nilai-nilai Resiliensi; Pembelajaran; Sekolah Menengah Pertama
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |