Azlinawati (2012) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI 28 PETANI DURI KEC. MANDAU KAB. BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012881.pdf Download (660kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajara pendidikan agama Islam. Motivasi adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap siswa untuk belajar. Masalah tersebut timbul karena penggunaan metode selama ini kurang mampu untuk memenuhi motivasi yang diharapkan. Maka penulis merasa tergugah untuk menerapkan metode dengan judul:” Penerapan Strategi Card Sort untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 28 Petani Duri Kecamatan Mandau”, sehingga tumbuh minat dan semangat penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui skripsi ini. Permasalahan yaitu Apakah penerapan strategi card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 28 Petani Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah penerapan strategi card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 28 Petani Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 28 Petani Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Petani Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis kelas II dengan jumlah 30 orang. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran tipe card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan aktivitas siswa dan guru juga meningkat, kesimpulan ini dapat dijabarkan sebagai berikut: Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 43,33 % dan pada siklus II dengan rata-rata 87,5 %. Dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa, siswa sudah aktif dalam belajar dan menyelesaiakan tugas-tugas yang diberikan guru dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 07:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 07:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8563 |
Actions (login required)
View Item |