ANTHON NOVISA, - (2024) ANALISIS BAURAN PEMASARAN SYARIAH DAN LABELHALALTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MADU KuOk. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV Anthon Novisa.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas bauran pemasaran 7P dan label halal pada CV. MaduKuOk . Elemen 7P mencakup inovasi produk madu, strategi penetapan harga berdasarkansegmen pasar, saluran distribusi, lokasi peternakan dan produksi madu, strategi promosi, peran orang dalam produksi, pemasaran, edukasi konsumen, proses produksi, hinggabukti fisik seperti desain kemasan dan manfaat produk yang tercantum. Label halal dianalisis sebagai faktor yang memengaruhi daya saing, terutama di kalangan konsumenmuslim. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran7Pdan label halal dalam memengaruhi keputusan pembelian. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pengalaman dan persepsi pemilik usaha, akademisi, danpelanggan terhadap produk bersertifikat halal yang dipasarkan menggunakan strategi 7P. Metode ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana setiap elemen7Pmeningkatkan daya tarik dan kepuasan pelanggan. Data dikumpulkan melalui wawancaramendalam, observasi, dan dokumentasi dari pelaku usaha serta konsumen. Analisis dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama dalamdata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen pembauran pemasaran 7P berkontribusi signifikan terhadap daya tarik dan kepuasan pelanggan. Produk berkualitas dengan label halal meningkatkan kepercayaan konsumen, promosi yang efektif menciptakan kesadaran, dan pelayanan yang ramah serta proses yang mudah memberikan pengalaman positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berkualitas dengan sertifikasi halal memperkuat kepercayaan pelanggan, harga yang kompetitif memengaruhi keputusanpembelian, tempat distribusi strategis memudahkan akses, dan promosi efektif meningkatkan kesadaran produk. Selain itu, pelayanan ramah, proses transaksi mudah, dan bukti fisik yang menarik memberikan pengalaman positif kepada konsumen. Label halal menjadi nilai tambah yang meningkatkan kepercayaan, loyalitas, dan preferensi konsumen. Analisis AHP menunjukkan bahwa semua faktor memiliki tingkat konsistensi yang memadai, sehingga hasil penelitian valid dan dapat diandalkan untuk mendukungpengambilan keputusan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |