KORELASI KEAKTIFAN BERDISKUSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH RANAH AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR

M. Jihadul Ihsan, (2012) KORELASI KEAKTIFAN BERDISKUSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH RANAH AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012853.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan siswa dalam berdiskusi banyak yang aktif tetapi pada hasil prestasi belajarnya masih tergolong belum memuaskan ini dikarenakan belum sepenuhnya siswa mampu mengulang pelajaran atau belajar dengan maksimal mata pelajaran tersebut, siswa yang mengajukan pertanyaan terhadap masalah yang belum dipahami di dalam berdiskusi tergolong banyak, tetapi pemahaman siswa mengenai materi yang didiskusikan belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa, dan siswa tidak mencatat hal-hal yang penting yang disajikan dalam berdiskusi.. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul : korelasi keaktifan berdiskusi mata pelajaran aqidah akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs TI Desa Ranah. Dan untuk memudahkan penulis meneliti masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada korelasi yang signifikan keaktifan berdiskusi mata pelajaran aqidah akhlak dengan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (keaktifan berdiskusi mata pelajaran aqidah akhlak) dan variabel y (prestasi belajar siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Karena data penelitian itu bersifat data interval, maka data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan product moment. Berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan keaktifan berdiskusi mata pelajaran aqidah akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs TI Desa Ranah. Hal ini diketahui dari ditolaknya Ha. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0.094 lebih kecil dari r tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0.304.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 27 Oct 2016 02:11
Last Modified: 27 Oct 2016 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8560

Actions (login required)

View Item View Item