Nasuhah (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIAK KECAMATAN SIAK KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012844.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Siak Kecamatan Siak Kabupaten Siak dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih yang berjumlah satu orang. Sedangkan objeknya adalah Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Siak Kecamatan Siak Kabupaten Siak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here. Teknik wawancara digunakan untuk mendapatkan data faktor faktor yang mempengaruhinya, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data yang berkenaan dengan madrasah. Observasi dilakukan 12 kali dengan 1 responden. Penulis langsung mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru Fikih bersama peserta didik. Analisa data menunjukkan bahwa dari 12 aspek yang diamati secara keseluruhan dari responden, terlihat bahwa 57 (68%) guru melaksanakan. Sedangkan yang tidak dilaksanakan sebesar 27 (32%). Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Siak Kecamatan Siak Kabupaten Siak tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 01:39 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 01:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8559 |
Actions (login required)
View Item |