MOH. ARIF, - (2024) HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DAN COPING STRESS DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (17MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DAN COPING STRESS DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI Moh. Arif (ayzone22@gmail.com) Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Academic burnout yang dialami mahasiswa pada saat menyusun skripsi apabila tidak tertangani akan berdampak pada penurunan performa akademik, berpotensi dikeluarkan dari kampus dan menjadi pemicu timbulnya depresi hingga berkeinginan untuk bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara academic self efficacy dan coping stress (problem focused coping dan emotional focused coping) dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif yang menghubungkan variabel academic self efficacy, coping stress dan academic burnout, dengan jumlah sampel sebanyak 421 mahasiswa aktif UIN Suska Riau yang sedang menyusun skripsi. Instrumen penelitian menggunakan Skala The Academic Self Efficacy Scale (TASES), Skala Ways of Coping Scale (WOC) dan Skala Maslach Burnout Inventory Student Survey (MBI-SS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi sebesar F = 23,954 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p≤0,01). Ini berarti terdapat hubungan antara academic self efficacy dan coping stress secara bersama-sama terhadap academic burnout. Hasil sumbangsih efektif academic self efficacy dan coping stress secara bersama-sama terhadap academic burnout dalam penelitian ini sebesar 14,1%. Sumbangsih efektif academic self efficacy terhadap academic burnout sebesar 13,2%, problem focused coping terhadap academic burnout sebesar 0,8% dan emotional focused coping terhadap academic burnout sebesar 0,1%. Untuk menurunkan tingkat academic burnout yang dialami mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, mahasiswa dapat meningkatkan keyakinan akan kemampuan diri yang dimiliki dan menggunakan strategi coping yang sesuai dengan kebutuhan baik problem focused coping maupun emotional focused coping. Kata kunci: Academic Self Efficacy, Coping Stress dan Academic Burnout
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | fpsi - | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 07:06 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 07:06 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |