Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PANCASILA KELAS V SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU

SIH NYUWITA NINGRUM, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PANCASILA KELAS V SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

ABSTRAK Sih Nyuwita Ningrum, (2024) : Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Mata Mata Pelajaran Pancasila Kelas V di SDIT Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran pancasila kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 23 orang siswa sedangkan objeknya adalah model pembelajaran Open Ended dan Kemampuan Mengemukakan Pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalan 2 siklus yang mana setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan telnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualilatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dan analisis data menunjukan bahawa penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dapat di ketahui dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan persentase kamampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 48,26% dengan kategori kurang karna pada rentang 30-49%. Setelah di lakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 65,65% dengan kategori cukup karana berada pada rentang 50-69% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,39% dengan kategori baik karna berada pada rentang 70-89%. Dengan demikian tingkat kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami proses peningkatan dari sebelum adanya tindakan hingga pada siklus II. Kata kunci : Open Ended, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyafi'ah, -2012086401Syafiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:24
Last Modified: 15 Jan 2025 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85572

Actions (login required)

View Item View Item