SITI AMINAH, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh perhatian penulis terhadap tantangan yang dihadapi peserta didik dalam belajar kimia. Pembelajaran kimia perlu menitikberatkan pada hal-hal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, dan bagaimana membangun KPS peserta didik agar proses pembelajaran di kelas lebih menarik bagi peserta didik sehingga peserta didik lebih memperhatikan guru didepan kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh model PBL terhadap KPS peserta didik pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil T.A 2024/2025 di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment,dengan desain pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 27 orang peserta didik. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian KPS. Analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh thitung sebesar 6,13, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,00 sehingga thitung> rtabel. yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Proses Sains (KPS), Laju Reaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:53 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:53 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |