FADHILA, -
(2025)
IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK
CLUSTERING DATA MINING DALAM PENGELOMPOKAN
BERAGAM MEREK LAPTOP.
Journal of Economic, Business and Accounting, 8 (1).
pp. 295-302.
ISSN 2597-5234
Abstract
Laptop telah menjadi perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan dan diminati, terutama oleh
mahasiswa dan departemen IT di perusahaan. Dibandingkan dengan komputer desktop, laptop memiliki
desain yang lebih ringkas, ringan, dan hemat daya. Salah satu cara untuk mengelompokkan merek laptop
adalah dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering dalam data mining. Pengelompokan ini
bertujuan untuk mengidentifikasi produk potensial dan menganalisis data laptop yang rekomendasi untuk
dibeli konsumen . Penelitian ini bermanfaat untuk mengelompokkan data laptop dan minat pembelian ke
dalam cluster terstruktur menggunakan metode K-Means Clustering. Dengan algoritma tersebut, data
berbagai merek laptop berhasil dikelompokkan menjadi tiga cluster: Cluster 0 (1027 data) dengan Ghz
kecil dan harga laptop yang murah, Cluster 1 (216 data) dengan Ghz tinggi dan harga yang sedang, dan
Cluster 2 (2604 data) dengan kesimpulan Ghz sedang dan harga yang mahal.
Kata Kunci: Laptop, Kmeans, Clustering, Data Mining
Actions (login required)
 |
View Item |