Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI NURUL IMAN KAMPAR

KHAIRI DARMAWAN, - (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI NURUL IMAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Khairi Darmawan,(2024): Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV Mi Nurul Iman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing kelas IV MI Nurul Iman kabupaten Kampar.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mengemukakan pendapat siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 siswa.Objeknya adalah metode pembelajaran Role Playing dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa.Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data dekskriptif dengan teknik persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa.Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan mengemukakan pendapat siswa mencapai 51,95% yang berada pada rentang 50-59% dengan kategori kurang.Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I,kemampuan mengemukakan pendapat siswa rata 66% yang berada pada rentang 60-69% dengan kategori cukup.Kemudian setelah dilakukan perbaikan selanjutnya pada siklus II kemampuan mengemukakan pendapat siswa secara keseluruhan meningkat dengan rata-rata 86% yang berada pada rentang 80-100% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSRI MURHAYATI, -2003017401sri.murhayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2025 02:49
Last Modified: 15 Jan 2025 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85534

Actions (login required)

View Item View Item