M. KAFRAWI, - (2024) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT TAFSIR SYA’RAWI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI M. KAFRAWI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK M. Kafrawi (2024): Konsep Pendidikan Karakter Menurut Tafsir Sya’rawi. Pendidikan karakter merupakan salah satu tangungjawab kita semua mulai dari rumah, sekolah, lingkungan serta yang paling utama adalah satuan pendidikan hari ini, yang realitanya masih banyak penyimpangan karakter di Indonesia. Melalui judul ini, penulis bermaksud melakukan penelitian terhadap konsep Pendidikan karakter dalam Tafsir Sya‟rawi karya Muhammad Mutawalli Sya‟rawi yang penulis nilai sebagai salah satu tokoh pendidikan Islam di Mesir dengan mengkaji 1. Bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Sya‟rawi dalam kitab Tafsir Sya‟rawi. 2. Apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter menurut Sya‟rawi dalam Tafsir Sya‟rawi 3. Bagaimana relevansi Konsep Pendidikan karakter menurut Sya‟rawi dalam Tafsir Sya‟rawi. Adapun metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan mengumpulkan dan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan, adapun metode tafsir yang penulis gunakan adalah metode tafsir Maudhu’i (Tematik) yaitu dengan menghimpun ayat-ayat yang berhubungan dengan judul yang telah ditetapkan, kemudian dibahas sesuai dengan topik yang bersangkutan. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data studi kepustakaan dalam menggali serta menganalisis konsep pendidikan karakter melalui pemikiran Sya‟rawi yang meliputi sumber primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan.Temuan dalam disertasi ini, antara lain mengungkapkan;1) Kondisi Pendidikan karakter di Indonesia menghadapi beberapa masalah seperti sekolah masih sangat terfokus dalam penyampaian ilmu pengetahuan dan teori, tetapi tidak sampai menyentuh tahapan membiasakan untuk berbuat Akhlak baik, serta masih lemahnya sinergitas tri pusat pendidikan serta lemahnya penerapan integrasi nilai agama dalam proses Pendidikan, 2 Pendidikan karakter menurut Sya‟rawi adalah upaya mengembangkan potensi-potensi pada manusia berlandaskan nilai-nilai agama yang dirumuskan menjadi nilai-nilai universal untuk segala aktivitas manusia sebagai makhluk individu maupun sosial. 3. Konsep pendidikan karakter dalam tafsir Sya‟rawi relevan dengan Pendidikan Nasional saat ini. Yaitu keduanya berupaya mewujudkan manusia imani, manusia yang beriman, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menjadi warga negara yang baik, dan mampu mengabdikan diri pada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara serta agama. Nilai-nilai tersebut ditanamkan melalui Pendidikan dengan mengedepankan internalisasi nilai-nilai luhur dengan didasari oleh nilai agama dan nilai budaya. Relevansinya dapat dilihat pada 18 nilai karakter yang di sarankan pemerintah berdasarkan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter dan Permendikbud No. 22 tahun 2020 tentang 6 profil karakter pelajar Pancasila. Konsep yang ditawarkan Sya‟rawi menekankan pentingnya peran agama sebagai pondasi dasar Pendidikan karakter yang harus implementasikan secara baik dan tepat pada tri pusat Pendidikan. Kata kunci: Konsep, Pendidikan Karakter, Tafsir Sya’rawi
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |