PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Indrayati, (2012) PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012797.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah cara mengajar/metode guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan menggunakan cara klasik seperti ceramah ataupun tanya jawab sehingga siswa cenderung menjadi pasif dan kurang semangat belajar. Untuk melakukan perbaikan terhadap pembelajaran maka dalam penelitian ini cara mengajar menggunakan concept mapping. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fiqh pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darun Na’im Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode Concept Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Fiqh Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darun Na’im Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darun Da’im Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan metode Concept Mapping . Tempat penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darun Na’im Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rancangan penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dan reflektif. Penelitian ini direncanakan akan dilakukan pada 25 April 2012 sampai 6 Juni 2012. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, adapun setiap siklus dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : jenis data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari: data Pelaksanaan Metode Peta Konsep (Concept Mapping, Data Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dua macam teknik yaitu: observasi dan tes. Nilai hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode concept mapping diketahui bahwa siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang (82,35%) dan siswa yang tuntas hanya sebanyak 3 (17,65%), nilai rata-rata kelas yaitu 5,59. Setelah diterapkan metode concept mapping nilai hasil siswa pada siklus I diketahui bahwa siswa yang tidak tuntas menurun menjadi 10 orang (58,82%) dan siswa yang tuntas meningkat menjadi 7 (41,71%) orang siswa yang dinyatakan tuntas, nilai rata-rata kelas yaitu 6,12. Sedangkan pada siklus II diketahui bahwa siswa yang tidak tuntas lebih menurun lagi menjadi 2 orang (11,78%) dan siswa yang tuntas menjadi lebih meningkat lagi menjadi 15 orang (88,24%), nilai rata-rata kelas yaitu 9,05. Adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dari sebelumnya ke siklus I dan ke siklus II menunjukkan bahwa penggunaan Concept Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Darun Na’im Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:28
Last Modified: 27 Oct 2016 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item View Item