PRADITYA DAYU ONASSIS, - (2024) Analisis Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Meningkatkan Penjualan Es Teh Indonesia Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Es Teh Indonesia Cabang SM Amin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
Abstract
ABSTRAK Praditya Dayu Onassis Analisis Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Meningkatkan Penjualan Es Teh Indonesia Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Es Teh Indonesia Cabang SM Amin Penelitian ini dilatar belakangi pada penerapan bauran pemasaran yang diterapkan oleh Es Teh Indonesia. Es Teh Indonesia adalah usaha yang bergerak dibidang food & baverages. Untuk kepentingan penjualan dan pencapain tujuan perusahaan, tentu saja Es Teh Indonesia cabang SM Amin harus menerapkan bentuk pemasaran yang dapat menunjang keinginan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran (marketing mix) dalam meningkatkan penjualan Es teh Indonesia perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk menganalisis bentuk pemasaran (marketing) yang terapkan oleh Es Teh Indonesia cabang SM Amin terutama 4P (product, price, place, promotion). Sumber data berasal dari data primer yang merupakan hasil wawancara langsung dengan Manager Es Teh Indonesia cabang SM Amin, data penjualan, data pembelian bahan baku. Dan sumber sekunder berasal dari buku dan jurnal yang dapat menunjang penelitian ini. Analisis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran yang diterapkan oleh Es Teh Indonesia 4P (product, price, pomotion, place) mampu mendongkrak penjualan. Hal ini dapat dilihat produk yang bervariasi, harga yang sangat terjangkau, promosi yang dilakukan dengan berbagai media seperti Ingtagram, iklan Youtube, X (Twitter), dan iklan TV, Tempat sangat strategis dan ramai pengunjung Mahasiswa dan kantoran. Bauran pemasaran yang diterapkan oleh Es Teh Indonesia cabang SM Amin secara umum sudah sesuai dengan pemasaran syariah (marketing syariah). Pada aspek produk sudah bisa dikatakan memenuhi kriteria produk yang dibolehkan oleh syariat islam yaitu, bahan baku yang digunakan adalah bahan yang berkualitas dan halal. Dari segi harga, Es Teh Indonesia mematok harga yang terjangkau untuk setiap produknya dan tidak pernah melakukan pencurangan harga dipasarnya, dan untuk tempat yang dipilih adalah tempat yang stratesis yang tidak menghalangi pembeli lain untuk ke gerai minuman yang lainya yang berada dekara dengan Lokasi Es Teh Indonesia. Namun pada bagian promosi belum sepenuhnya memenuhi kriteria Ekonomi Islam karena tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai produknya sendiri. Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Penjualan, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | Hacked fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |