PENGARUH LINGKUNGAN EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Sri Lestari, (2012) PENGARUH LINGKUNGAN EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012794.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang pertama ditempuh anak adalah dari pendidikan keluarga, kemudian keluarga menitipkan anak tersebut ke sekolah, guna mendapatkan pendidikan yang lebih setelah pendidikan dalam keluarga. Dari pendidikan keluarga dan sekolah inilah yang akan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Begitu juga halnya dengan pembinaan disiplin orang tua sebagai anggota masyarakat harus ikut serta dalam pembinaan disiplin anak didik. Karena anggota masyarakat sangat berfungsi sebagai pendidik yang masing-masing berpengaruh terhadap kepribadian dan perkembangan anak didik. Dengan demikian tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pembinaan disiplin harus membutuhkan kerja sama antara anggota masyarakat dengan pihak sekolah. Jika kerja sama itu bejalan dengan baik, maka tujuan yang diinginkan tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan analisis data diperoleh r hitung atau r xy (pearson correlation) lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0.273 < 0,412 > 0.354). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan eksternal dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Muhammadiyah Gobah. Dengan persentase pengaruh lingkungan eksternal dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar adalah 16.97 %, Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel lingkungan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:27
Last Modified: 27 Oct 2016 01:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8551

Actions (login required)

View Item View Item