PENGARUH KOMPETENSI GURU SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MASMUR PEKANBARU

Amiruddin, (2012) PENGARUH KOMPETENSI GURU SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012789.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012 . Populasi dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Fikih yang berjumlah 1 orang, dan seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru yang berjumlah 120 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik stratified random sampling, dimana peneliti menggambil sampel 25% dari jumlah siswa perkelasnya, jadi masing-masing kelas diambil 10 siswa dan jumlah persentase keseluruhan sampel 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi guru sebagai motivator sebagai variabel bebas (X) serta motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Tekhnik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa pengaruh kompetensi guru sebagai motivator memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Penulis menyimpulkan bahwa kompetensi guru sebagai motivator adalah sebesar 70% atau pada kategori sedang, sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih ialah sebesar 76% atau pada kategori sedang. Melalui uji SPSS, hasil analisis data penelitian menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0.373, yang berada pada r table yaitu pada taraf signifikansi 1% adalah 0.361<0.373<0.463 pada taraf 5%. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh antara kompetensi guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Adapun koefisien determinasi (R square) adalah 0.139. Konstribusi kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa adalah 13.9% selebihnya ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:24
Last Modified: 27 Oct 2016 01:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item