HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 KECAMATAN RUMBAI PESISIR PEKANBARU

Yoga Firmansya, (2012) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 KECAMATAN RUMBAI PESISIR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012786.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Pekanbaru. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti. Variabel independent yaitu status sosial ekonomi orang tua siswa dan variabel dependent yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua, sedangkan objeknya adalah hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket yang bersifat tertutup dan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan korelasi Product Moment. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel x (status sosial ekonomi orang tua) dan variabel y (prestasi belajar siswa). Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa nilai r = 0,403 sedangkan r tabel untuk df = 40 pada taraf signifikan 5% dan 1% masing-masing adalah 0,304 dan 0,393, karena r hitung > r tabel atau, 0,304 < 0,403 > 0,393, dengan demikian variabel X (status sosial ekonomi) dan variabel Y (prestasi belajar siswa) terdapat hubungan yang signifikan. Besarnya kontribusi status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah 40,3 %. Melihat besarnya hubungan kedua variabel dapat dikategorikan sedang atau cukup. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 30 Pekanbaru sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:37
Last Modified: 26 Oct 2016 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item View Item