Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PEKANBARU

SUCI LARASATI EFLIN, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

ABSTRAK Suci Larasati Eflin, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Create untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS di kelas V SDN 003 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create pada mata pelajaran IPAS kelas VB SDN 003 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa, seperti rendahnya kemampuan siswa dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan suatu permasalahan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 003 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Read, Answert, Discuss, Explain, Create dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan masih rendah yaitu hanya mencapai 42,75% atau kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create pada siklus I, kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi 73% atau kategori baik. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan kembali, menjadi 87% atau kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas VB SDN 003 Pekanbaru. Pada penelitian ini indikator kemapuan berpikir kritis yang paling meningkat adalah memecahkan permasalahan dengan benar saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran RADEC, Kemampuan Berpikir Kritis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMurhayati, -2003017401murhayati.sri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:49
Last Modified: 14 Jan 2025 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85464

Actions (login required)

View Item View Item