PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA POKOK BAHASAN AKHLAK TERPUJI DENGAN METODE JIGSAW LEARNING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Fakhrur Razia, (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA POKOK BAHASAN AKHLAK TERPUJI DENGAN METODE JIGSAW LEARNING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012784.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan olehsiswa masih kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, masih ada siswa yang malu bertanya, ada sebagian siswa yang tidak mau bekerja sama dengan siswa yang lain dalam belajar kelompok, masih ada siswa yang tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan sering membawanya pulang dan masih ada siswa yang melamun dan main-main dalam belajar/ tidak serius. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIb Madrasah Tsanawiyah Negeri padang Mutung Kec. Kampar Kab. Kampar dengan penerapan metode jigsaw learning. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIIb MTs Negeri Padang Mutung Kec. Kampar Kab. Kampar yang berjumlah 25 orang siswa dan guru yang menjadi pelaksana pembelajaran. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa kelas VIIIb MTs Negeri Padang Mutung Kec. Kampar Kab. Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data dalam penelitian ini dengan menggunakan data interval dari paling rendah hingga paling tinggi. Hasil pengamatan pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa kelas VIIIb MTs Negeri Padang Mutung Kec. Kampar Kab. Kampar tergolong “cukup” atau dengan rata-rata persentase 49.3%. pada siklus I juga tergolong “cukup” atau dengan rata-rata persentase 64.7%, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa telah tergolong “tinggi” atau dengan rata-rata persentase80.7%. Dengan demikian rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIIIb MTs Negeri Padang Mutung Kec. Kampar Kab. Kampar pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:29
Last Modified: 26 Oct 2016 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item