PENERAPAN STRATEGI MENCARI JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Nurida, (2012) PENERAPAN STRATEGI MENCARI JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012782.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan strategi mencari jawaban pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi mencari jawaban untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mencari jawaban, dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 9 orang (45,00) siswa yang tuntas, sedangkan 11 orang siswa (55,00%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang (70,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (30,00%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 90,00% atau sekitar 18 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:18
Last Modified: 26 Oct 2016 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8545

Actions (login required)

View Item View Item