Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLIKLINIK SPESIALIS ANAK DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

INDAH YULIANTI, - (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLIKLINIK SPESIALIS ANAK DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV INDAH YULIANTI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV INDAH YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

ABSTRAK Indah Yulianti, (2025): Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Spesialis Anak Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keterbatasan layanan tenaga medis dalam menangani ledakan pasien tahun 2022 sampai 2024 yang mencapai 6.185 pasien pada bagian Poliklinik Spesialis Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan tinjauan ekonomi syariah kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Poliklinik Spesialis Anak di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel 97 responden yang dipilih menggunakan rumus Cochran dan metode probability sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Poliklinik Spesialis Anak di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Berdasarkan hasil Regresi Linear Sederhana, diperoleh persamaan Y = 20,410 + 0,919X, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 terhadap kepuasan pasien Poliklinik Spesialis Anak di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0, 636 (63,6%).. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X) memberikan pengaruh sebesar 63,6% terhadap variabel Kepuasan Pasien (Y), sedangkan sisanya 36,4% dipengaruhi atau ditentukan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini. Tinjauan ekonomi syariah kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Poliklinik Spesialis Anak di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru sesuai dengan Al-qur’an surat Ali-Imran ayat 159 dan nilai-nilai islam yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRUSTAM, -2015028601tunrustham@gmail.com
Thesis advisorMUSNAWATI, -2006027402musnawati_inindratno@yahoo.co.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Hacked fasih -
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:55
Last Modified: 13 Jan 2025 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85447

Actions (login required)

View Item View Item