Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE IMPLEMENTATION OF COMMUNITY LANGUAGE LEARNING IN SPEAKING DEVELOPMENT PROGRAMME (A Case Study at Daarul Rahman Islamic Boarding School in Indragiri Hilir)

MUHAMMAD IRSYAD, - (2024) THE IMPLEMENTATION OF COMMUNITY LANGUAGE LEARNING IN SPEAKING DEVELOPMENT PROGRAMME (A Case Study at Daarul Rahman Islamic Boarding School in Indragiri Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD IRSYAD.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Irsyad, (2024) : Penerapan Community Language Learning dalam Program Pengembangan Kemampuan Berbicara Community Language Learning (CLL) adalah metode yang diterapkan untuk meningkatkan perkembangan keterampilan berbicara dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini berfokus pada penerapan CLL di Pondok Pesantren Daarul Rahman, Indragiri Hilir, dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan metode ini dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari 4 guru dan 2 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CLL melibatkan aktivitas seperti pengembangan kosa kata, percakapan bebas, latihan mendengarkan, dan praktik berbicara sehari-hari, yang didukung dengan alat bantu seperti papan kosa kata. Namun, tantangan yang dihadapi guru dan siswa dalam penerapan CLL meliputi kesulitan siswa dalam hal motivasi, minat, penguasaan kosa kata, dan kepercayaan diri saat berbicara. Menariknya, program ini memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif. Kesimpulannya, CLL merupakan metode yang layak untuk mengembangkan keterampilan berbicara di lingkungan pesantren, dengan rekomendasi untuk mengatasi tantangan yang diidentifikasi guna meningkatkan efektivitas program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBUKHORI, -2012057901bukhori@uin-suska.ac.id
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2025 08:31
Last Modified: 13 Jan 2025 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85435

Actions (login required)

View Item View Item