Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO ELMIRA 95,8 FM BAGAN BATU ROKAN HILIR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIKALANGAN PENDENGAR

Nyazr Ahmad Zayn, Nyazr (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO ELMIRA 95,8 FM BAGAN BATU ROKAN HILIR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIKALANGAN PENDENGAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media massa yang disukai oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hiburan maupun informasi. Namun, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia jumlah masyarakat Indonesia yang masih mendengarkan radio hanya 10.3%. Kondisi ini merupakan cerminan dari jumlah pendengar di Provinsi Riau khususnya Radio Elmira yang berlokasi di Bagan Batu Rokan Hilir. Hal ini terjadi karena eksistensi radio saat ini sudah cukup tergerus seiring perkembangan pesat platform media informasi berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi dikalangan pendengar. Penelitian ini menggunakan teori promotion mix oleh Kotlerdan Keller. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa radio Elmira 95.8 menggunakan strategi komunikasi bauran pemasaran (promotion mix), yang terdiri dari iklan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), pemasaran langsung (direct marketing),dan humas (public relation). Radio Elmira 95.8 FM menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang di dalamnya terdapat elemen-elemen dari bauran promosi. Radio Elmira, melalui elemen produk/keberagaman konten acara berusaha menarik klien/mitra agar tertarik bekerja sama, walaupun Radio Elmira merupakan lembaga penyiaran yang tetap membuka diri untuk bekerja sama dengan instansi Pemerintah atau mitra swasta, Radio Elmira juga membuka diri untuk bekerja sama yang tujuannya untuk meningkatkan citra perusahaan, seperti pengadaan event seni dan acara gathering yang dijadikan sebagai kegiatan kehumasan disamping sebagai kegiatan promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAFDEADI, -2025128202rafdeadizainal@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Eksistensi, Radio
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:22
Last Modified: 14 Jan 2025 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85431

Actions (login required)

View Item View Item