Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI BERPERILAKU TERPUJI DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 025 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Indrawati (2012) PENERAPAN STRATEGI PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI BERPERILAKU TERPUJI DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 025 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012777.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari gejala-gejala sebagai berikut: 1. Masih ada sebagian kecil siswa yang tidak mau bertanya apabila tidak memahami pelajaran PAI.2. Masih ada siswa yang tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan guru mata pelajaran PAI.3. Bila diminta untuk maju kedepan kelas melakukan sesuatu, siswa takut dan malu bahkan malas untuk maju ke depan kelas. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Strategi Prediction Guide dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran berperilaku terpuji di kelas III SDN 025 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 025 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah murid 25 orang, terdiri atas 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1)variabel meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) variabel penerapan strategi Prediction Guide. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat keaktifan belajar siswa sebelum diadakan tindakan berada pada posisi rendah dengan nilai 40,8%. Setelah diadakan siklus I dengan 2 kali pertemuan angka tersebut berubah naik menjadi 67,5% berada pada posisi “ Cukup Aktif”.Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II dengan dua kali pertemuan ternyata keaktifan belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 025 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kamparnaik lagi menjadi 81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:08
Last Modified: 26 Oct 2016 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item