TIARA NURFIANTI, - (2024) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF KINCIR ANGKA BERWARNA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA PERTIWI DESA GUNUNG MULYA KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (11MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (993kB) |
Abstract
TIARA NURFIANTI(2024) : PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF KINCIR ANGKA BERWARNA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA PERTIWI DESA GUNUNG MULYA KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR Tujuan penelitian ini adanya pengaruh alat permainan edukatif kincir angka berwarna terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Pertiwi Desa Gunung Mulya, Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen one group pretest posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B1 usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak di TK Dharma Pertiwi. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh alat permainan edukatif kincir angka berwarna terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Pertiwi Desa Gunung Mulya, Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Populasi penelitian ini berjumlah 39 anak , kelompok A berjumlah 9 anak, kelompok B1 berjumlah 15 anak dan kelompok B2 berjumlah 15 anak di TK Dharma Pertiwi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini merupakan sampling purposive dari populasi kelompok B1 yaitu 15 anak. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji-t. Berdasarkan analisis data perbandingan pre-test dan posttest, terdapat peningkatan yang signifikan dalam perkembangan emosional pada kegiatan pembelajaran menggunakan alat permainan edukatif kincir angin berwarna. Pada pre-test skor rata–rata 41% tergolong dalam kriteria Mulai Berkembang setelah perlakua skor rata-rata menjadi 91% dalam kriteria Berkembang Sangat Baik. Selanjutnya dilihat dari analisis statistik inferensial yang dimana pada uji-t pengambilan keputusan pertama menggunakan nilai signifikansi hasil uji-t menunjukkan nilai sig sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh alat permainan edukatif kincir angka berwarna terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Pertiwi Desa Gunung Mulya, Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar Kata Kunci : Alat permainan edukatif ki
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:24 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 04:25 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |