PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SAWAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS

Masril, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SAWAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012774.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di kelas VII MTs Sawah Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran mata pelajaran fiqih, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a. Murid merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru hal ini terlihat ketika dilakukan test sebagian besar murid tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. b) Kurang bervariasinya metode yang dipergunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru cenderung menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab dan pemberian tugas, c) Jika diberikan pekerjaan rumah sebagian siswa tidak mampu mengerjakan tugas tersebut dengan benar, d) Jika tugas-tugas tersebut ditanyakan kembali oleh guru, hanya sebagian kecil dari siswa yang mengerti dengan tugas yang telah dikerjakannya, e) Hasil belajar murid di akhir semester persentase yang diperoleh pada ketuntasan kelas masih di bawah 50%. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah 60 yaitu nilai rata-ratanya 55. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas VII MTs Sawah Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah murid sebanyak 41 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Strategi pembelajaran Peer Lessons untuk meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran fiqih materi Tata cara shalat jum’at. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Dapat dijelaskan bahwa melalui model pembelajaran Peer Lessons, dapat meningkatkan Hasil Belajar pada pelajaran Fiqih siswa Kelas VII MTs Sawah Kabupaten Kampar. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar murid tergolong kurang dengan rata-rata 59,6. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 65,9. Sedangkan hasil belajar murid pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 72,6. Selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 79,4

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:59
Last Modified: 26 Oct 2016 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item View Item