Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEORI HUMANISTIK DI SMK AKBAR PEKANBARU

NADHUHA, - (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEORI HUMANISTIK DI SMK AKBAR PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Nadhuha (2024): Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teori Humanistik di SMK Akabar Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Akbar Pekanbaru berbasis teori Humanistik. Kurikulum Merdeka Belajar menekankan pada pembelajaran yang bersifat fleksibel, berbasis pada kebutuhan dan potensi siswa, serta memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi pembelajaran secara mandiri. Teori Humanistik menekankan pada pengembangan diri, aktualisasi diri, dan pentingnya hubungan yang positif antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Akbar Pekanbaru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teori humanitsik diterapkan melalui: 1) pembelajaran yang bersifat menyenangkan, bebas, tidak monoto serta menekankan pada keaktifan siswa melalui pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, serta guru menggunakan model pembelajaran kooperatif, direct instruction, dan model pembelajaran diskusi kecil. 2) faktor pendukung keberhasilan yaitu dari segi pemahaman pendidik terhadap teori humanistik, peserta didik yang aktif, serta fasilitas dan sarana prasarana yang cukup. 3) faktor penghambat yaitu keterbatasan ruang pendidik dalam berinteraksi dengan siswa, sumber daya dan pelatihan guru masih perlu diperhatikan agar dapat lebih optimal. Kata Kunci : Teori Humanistik dan Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDANDI MURNIATI, -2017086502andi.murniati@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDTOHIRIN, -2012086701tohirin09@yahoo.co.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:48
Last Modified: 14 Jan 2025 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85409

Actions (login required)

View Item View Item