PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIAK KECIL KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS

Isna Yulpandi, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIAK KECIL KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012772.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun perumusan masalahnya “Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Square Dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis?”. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Square Dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu pendidik yang berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik, sedangkan objeknya adalah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Square Dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun peserta didik dari penelitian ini adalah peserta didik yang minat belajarnya rendah yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Dari analisis tindakan yang dilakukan diperoleh t 0 = 3,978 berarti lebih besar dari t t pada taraf signifikasi 5% (2,03) maupun taraf signifikan 1% (2,75). Selain itu jumlah rataan mean data interval setelah tindakan lebih besar dari pada mean data interval sebelum tindakan. Dengan demikian hasil analisis tindakan ini mendukung hasil tindakan yang diajukan yaitu hipotesis Ha diterima dan hipotesis H o ditolak. Ini berarti Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Square Dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:54
Last Modified: 26 Oct 2016 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8539

Actions (login required)

View Item View Item