Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN AKTIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DAHLIA DESA SUKA MAJU KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

WIDYA ARNANDA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN AKTIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DAHLIA DESA SUKA MAJU KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FIEL LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

WIDYA ARNANDA(2024) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN AKTIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DAHLIA DESA SUKA MAJU KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR Pengenalan huruf sangat penting untuk dikuasai anak usia 5-6 tahun sebagai modal awal yang harus dimiliki sebelum memasuki tahap selanjutnya yaitu menulis dan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan aktivitas tehadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia 5-6 tahun di TK Dahlia. Objek penelitian yaitu pengaruh penggunaan Media Papan Aktivitas terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia 5-6 tahun. Pada sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design dengan uji t test menggunakan rumus thitung > ttabel. Jika thiting > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Subjek penelitian adalah guru dan anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan analasisi data menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad secara signifikan. Sebelum diberikan perlakuan (pretest) dengan nilai rata-rata 37,69% dengan kriteria BM (Belum Berkembang). hasil sesudah diberikan perlakukan (posttest) dengan nilai rata-rata 89,06% dengan kriteria TPKT (Terlihat Pada Keseluruhan). Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan aktivitas terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia 5-6 tahun di TK Dahlia Desa Suka Maju Kcematan Tapung Hilir. Kata Kunci: Media Papan Aktivitas, Mengenal Huruf Abjad, Anak Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSariah, -2012076601Sariah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:46
Last Modified: 14 Jan 2025 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85386

Actions (login required)

View Item View Item