IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 01 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nazarudin, (2012) IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 01 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012767.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh guru Pendidikan Agama Islam. Adapun gejala-gejala yang peneliti temui di lapangan adalah 1) Masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan rencana pelakasanan pembelajaran yang telah dibuat. 2) Masih ada guru yang mengajar kurang mampu menggunakan metode yang bervariasi. 3) Masih ada guru dalam pelaksanaan program pengajaran, guru kurang menguasai kelas sehingga banyak siswa yang rebut dan tidak tenang. 4) Guru kurang mampu dalam pengorganisasian materi. 5) Guru kurang bisa dalam pemilihan media/ sumber belajar 6) Guru kurang mampu menetapkan alokasi waktu dalam penyampaian pokok bahasan kepada siswa kemampuan membuka pelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Implementasi Renacana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Kampar Timur. 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Kampar Timur. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Kampar sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Rencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Kampar Timur. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh guru pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Kampar Timur tergolong cukup. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil observasi indikator yang terlaksana dari indikator-indikator yang telah ditetapkan yaitu sebesar 56,6 % (cukup)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:53
Last Modified: 26 Oct 2016 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item