Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMABANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS APLIKASI QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA PASAMAN

UCI FAJAR RISKA, - (2024) PENGEMABANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS APLIKASI QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA PASAMAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS UCI FAJAR RISKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Uci Fajar Riska, (2024) : Pengemabangan media pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi Quizziz untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Pasaman. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar dan kebutuhan guru dan siswa untuk mengembangkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan modul ajar bahasa arab berbasisaplikasi Quizziz, mengetahui validitasnya dan efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model Four-D (Define, Design, Development, and Dissementa,). Populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Pasaman, dan sampel diambil dengan teknik uji t dengan jumlah 27 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara dan tes, Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul ajar berbasis aplikasi Quizziz divalidasi menggunakan skala Gutman valid dengan persentase dari penilaian pakar (dosen) segi materi 0.978 dan penilaian stakeholder (guru) aspek materi 1.0, penilaian pakar (dosen) segi bahasa 1.0 dan penialaian stakeholder (guru) aspek bahasa 1.0 dan penilaian pakar (dosen) segi desain 0.9583 dan penialaian stakeholder (guru) aspek desain 1.0. (2) modul ajar berbasis aplikasi Quizziz efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil tes uji t 2,602≥2,059, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Kata Kunci: Pengembangan, ,media pembelajaran, Quizziz

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMASRUN, -2011037701masrun@uin-suska.ac.id
Thesis advisorRUSDI, -2006066601rusdi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:56
Last Modified: 10 Jan 2025 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85379

Actions (login required)

View Item View Item