TANGGAPAN SISWA TERHADAP TUGAS YANG DIBERIKAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH AIR MOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Nurbaiti, (2012) TANGGAPAN SISWA TERHADAP TUGAS YANG DIBERIKAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL FALAH AIR MOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012762.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode yang digunakan guru mata-mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Nurul Falah Air Molek adalah metode pemberian tugas. Salah satu tujuan metode ini adalah agar siswa belajar lebih aktif. Namun ada sebagian siswa yang menggapi tugas-tugas tersebut secara tidak baik, bahkan ada yang marah-marah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ntanggapan siswa terhadap tugas yang diberikan guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Nurul Falah Air Molek dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi tanggapan siswa tersebut. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah tanggapan siswa terhadap tugas yang diberikan guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Air Molek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yangbeerjumlah 182 orang. Kemudian ditarik 25 % yakni 45 orang untuk dijadikan sampel. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penyajian dan analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa terhadap tugas yang diberikan guru Pendidikan Agam Islam di Madrasah Aliyah Nurul Falah Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu tergolong positif. Secara kuantitatif persentase diperoleh Angka 73,13%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan siswa terhadap tugas yang diberikan guru Pendidikan Agam Islam di Madrasah Aliyah Nurul Falah Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu terbagi dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung terdiri dari 1) Latar belakang pendidikan siswa yang linier; 2) Adanya minat. Faktor penghambat terdiri dari:1) Kesulitan memperoleh sumber belajar, 2) Waktu yang diberikan guru untuk mengerjakan tugas dinilai cukup singkat dan 3) tugas-tugas yang telah dikerjakan siswa lebih sering diperiksa atau dinilai oleh guru. Karena itu penulis menyarankan agar guru mempertimbangkan alokasi waktu yang diberikan kepada siswa untuk mengerjakan tugas, jangan terlalu lama dan jangan pula terlalu singkat. Kemudian disarankan pula kepada guru agar tugas-tugas yang telah dikerjakan siswa agar diperiksa atau dinilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:51
Last Modified: 26 Oct 2016 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item