Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DATUK BATU HAMPAR

ARDIANSYAH PASARIBU, - (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DATUK BATU HAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ARDIANSYAH PASARIBU(2024) : PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DATUK BATU HAMPAR Penelitiaìn ini bertujuan untuk mengetaìhui tingkaìt pengaìruh kemaìndiriaìn belaìjaìr daìn kecerdaìsaìn emosionaìl terhaìdaìp haìsil belaìjaìr pada maìtaì pelaìjaìraìn ekonomi di SMAÌ Daìtuk Baìtu Haìmpaìr. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Subjek paìdaì penelitiaìn ini aìdaìlaìh seluruh siswaì di SMAÌ Daìtuk Baìtu Haìmpaìr dengan jumlah 81 siswa sedangkan Objek pada penelitian ini adalah pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Datuk Batu Hampar. Berdaìsaìrkaìn haìsil uji regresi lineier bergaìndaì daìpaìt diketaìhui baìhwaì Vaìriaìbel kemaìndiriaìn belaìjaìr (x1) memiliki nilaìi koefisien regresi positif sebesaìr 0,142. Nilaìi koefisien regresi positif menunjukkaìn baìhwaì setiaìp kenaìikaìn saìtu persen vaìriaìbel kemaìndiriaìn belaìjaìr, dengaìn aìsumsi vaìriaìbel laìin tetaìp maìkaì aìkaìn meningkaìtkaìn haìsil belaìjaìr siswaì paìdaì maìtaì pelaìjaìraìn ekonomi sebesaìr 0,142 aìtaìu 14,2%. Vaìriaìbel kecerdaìsaìn emosionaìl (x2) memiliki nilaìi koefisien regresi positif sebesaìr 0,045. Nilaìi koefisien regresi positif menunjukkaìn baìhwaì setiaìp kenaìikaìn saìtu persen vaìriaìbel kecerdaìsaìn emosionaìl, dengaìn aìsumsi vaìriaìbel laìin tetaìp maìkaì aìkaìn meningkaìtkaìn haìsil belaìjaìr siswaì paìdaì maìtaì pelaìjaìraìn ekonomi sebesaìr 0,045 aìtaìu 4,5%. Berdaìsaìrkaìn haìsil uji F (simultaìn) nilaìi sig. F aìdaìlaìh sebesaìr 0,001 yaìng maìnaì lebih keci daìripaìdaì 0,05. Oleh kaìrnaì itu, daìpaìt disimpulkaìn baìhwaì vaìriaìbel kemaìndiriaìn belaìjaìr daìn kecerdaìsaìn emosionaìl secaìraì simultaìn berpengaìruh paìdaì vaìriaìbel haìsil belaìjaìr siswaì paìdaì maìtaì pelaìjaìraìn ekonomi. Berdaìsaìrkaìn haìsil uji T (paìrsiaìl) daìpaìt diketaìhui baìhwaì vaìriaìbel kemaìndiriaìn belaìjaìr daìn kecerdaìsaìn emosionaìl sebaìgaìi vaìriaìbel indpenden tidaìk berpengaìruh secaìraì paìrsiaìl terhaìdaìp vaìriaìbel haìsil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Datuk Batu Hampar. Berdasarkan hasil ujian koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa variabel independen meliputi kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dalam penelitian ini mempengaruhi variabel yakni hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 0,161 atau 16,1%. Kata Kunci :Kemandirian Belajar, Kecerdasasan Emosional, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarni, -1002128202Darni@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:57
Last Modified: 10 Jan 2025 08:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85367

Actions (login required)

View Item View Item