HABIBUL HAKIM, - (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
SKRIPSI HABIBUL HAKIM.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Habibul Hakim, (2024) : Penerapan Metode Pembelajaran Trading Place untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila melalui penerapan metode pembelajaran Trading Place kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran Trading Place dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik penelitian analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa peneraan metode pembelajaran Trading Place dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh nilai keterampilan komunikasi siswa mencapai 69.25% dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 87.5% dengan kategori baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 93.88% dengan kategori “sangat baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran Trading Place pada pembelajaran pendidikan pancasila dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Trading Place, Keterampilan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:50 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:51 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |