PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN CENDIKIA BANGKINANG

Astuti Meri, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN CENDIKIA BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012727.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penulis dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang, penulis menemukan gejala–gejala atau fenomena-fenomena khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu: 1) dari hasil belajar siswa, dari 27 orang siswa, terdapat 18 orang siswa (64%) belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65, Nilai hasil ujian, siswa sulit memahami pelajaran, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa, yaitu hasil belajar siswa masih cendrung rendah atau di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. 2) dari metode pembelajaran, metode pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah, selain metode ceramah, guru biasanya mengajar dengan mengunakan metode latihan dan penugasan, dan Metode mengajar guru cenderung monoton dan tidak variatif. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar melalui Metode Pembelajaran Aktif Bermain Jawaban siswa kelas IV SD Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang. Penelitian ini direncanakan akan dilakukan pada bulan Juni hingga September 2011. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar siswa dan guru dapat beradaptasi dengan metode pembelajaran yang diterapkan. Sehingga hasil penelitian tindakan kelas dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Metode Pembelajaran Aktif Bermain Jawaban dapat meningkatkan Hasil Belajar PAI siswa kelas IV SD Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang. Peningkatan hasil belajar dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) Aktivitas guru selama kegiatan belajar mengajar dengan penerapan metode aktif bermain jawaban terjadi peningkatan secara positif. Pada siklus I dan II guru telah melaksanakan seluruh aktivitas yang dijadikan indikator pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode aktif bermain jawaban. Artinya, guru telah 100% melaksanakan seluruh aktivitas, dan menandakan bahwa guru telah menguasai dengan baik metode yang dimaksud dalam penelitian ini. 2) Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 57% dengan kategori “sedang” pada pertemuan 2 menjadi 67% dengan kategori juga ‘sedang dan siklus II pertemuan 1 sebesar 74% dengan kategori “baik”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 84% dengan kategori “baik”. 3) Hasil belajar menggunakan metode aktif bermain jawaban mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana pada siklus I secara klasikal ketuntasan yang didapat sebesar 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:48
Last Modified: 26 Oct 2016 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8535

Actions (login required)

View Item View Item