PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONSIDERATION MODELS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI DI KELAS III SDN 018 KAMPUNG MEDAN BASERAH KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Dahlia, (2012) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONSIDERATION MODELS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI DI KELAS III SDN 018 KAMPUNG MEDAN BASERAH KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012725.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa Sebagian siswa jika diberi kesempatan bertanya banyak siswa tidak bertanya, Dalam pembelajaran siswa hanya menunggu intruksi dari guru, Jika guru menerangkan materi pelajaran, siswa hanya mendengarkan tanpa berinisiatif untuk bertanya dan menganggapi, Bila diminta untuk maju kedepan kelas melakukan sesuatu siswa kurang gesit atau kurang semangat, Sebagian siswa acuh tak acuk ketika pembelajaran berlangsung. Berdasarkan wawancara yang penulis lakukan di atas, penulis akan berusaha melaksanakan pembelajaran khususnya pada kelas III dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model Pembelajaran Consideration Models. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Consideration Models dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Membiasakan Perilaku Terpuji di kelas III Sekolah Dasar 018 Kampung Medan Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Kelas III Sekolah Dasar 018 Kampung Medan Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerepan Model Pembelajaran Consideration Models. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Consideration Models dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan perilaku terpuji siswa kelas III Sekolah Dasar 018 Kampung Medan Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Berhasilnya penerapan Model Pembelajaran Consideration Models pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diketahui bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II dan III. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata 53%. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 67% dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 74% kemudian pada siklus III menjadi 86%. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Pembelajaran Consideration Models dikatakan berhasil, dengan ketuntasan individu dan rata-rata kelas mencapai 81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:42
Last Modified: 26 Oct 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item