ERPINDO SONI PEBRIANTO, - (2024) PENGARUH LABEL HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM SYARIAH DIGITAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus UMKM Syariah Kota Pekanbaru). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
Abstract
UMKM Syariah sebagai salah satu sumber ekonomi di banyak negara islam termasuk di indonesia, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan serta berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian. khususnya dalam menyediakan produk yang sesuai dengan prinsip syariah. Namun, tantangan seperti rendahnya kualitas produk dan kurangnya sertifikasi halal masih menjadi penghambat perkembangan UMKM di Kota Pekanbaru. Hal ini diperparah dengan pemanfaatan digital marketing yang masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk UMKM Syariah di Kota Pekanbaru, dengan digital marketing sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, Jenis Pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive yaitu teknik penetuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen UMKM Syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian diperoleh nilai R squares untuk digital marketing sebesar 0.692 dan keputusan pembelian sebesar 0.778, hal ini menunjukkan bahwa Label halal memiliki pengaruh signifikan terhadap digital marketing dan keputusan pembelian. Kualitas produk secara langsung berpengaruh terhadap digital marketing dan keputusan pembelian. Digital marketing sebagai variabel intervening memperkuat hubungan antara label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menegaskan pentingnya label halal dan kualitas produk dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama melalui digital marketing. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi UMKM Syariah dalam menyusun strategi pemasaran berbasis syariah yang efektif untuk meningkatkan daya saing di pasar digital.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 03:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 03:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |