Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH LIL MUQORROBIEN AL- ISLAMI GABUNG MAKMUR KABUPATEN SIAK

INTA MAKRIFATUL ZULFA, - (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH LIL MUQORROBIEN AL- ISLAMI GABUNG MAKMUR KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INTA MAKRIFATUL ZULFA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Inta Makrifatul Zulfa, (2024) : Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Lil Muqorrobien Al- Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTs Lil Muqorrobien Al-Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa selain itu masih adanya siswa yang tidak memiliki hasrat, keinginan berhasil, kurang adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekataan kuantitatif bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Lil Muqorrobien Al-Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak sebanyak 40 siswa karena jumlahnya sedikit tidak menggunakan sampel. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTs Lil Muqorrobien Al- Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak. Hal ini dibuktikan hasil uji hipotesis korelasi product moment. diketahui bahwa pengaruh antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar Siswa mempunyai nilai sig yaitu 0,046 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTs Lil Muqorrobien Al- Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak. Dan besar pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTs Lil Muqorrobien Al- Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak adalah 8,1%. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi dan Belajar IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDEVI ARISANTI2027127901devi.arisanti@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:07
Last Modified: 10 Jan 2025 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85331

Actions (login required)

View Item View Item