Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Pada Materi Zat dan Perubahannya

Ria Dul Janna, - (2024) Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Pada Materi Zat dan Perubahannya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

ABSTRAK Ria Dul Janna (2024): Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Pada Materi Zat dan Perubahannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada materi zat dan perubahannya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Obyek penelitian yaitu siswa kelas VII dengan sampel sebanyak dua kelas sejumlah 60 orang siswa yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi zat dan perubahannya. Data test dianalisis menggunakan uji t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 25 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan argumentasi ilmiah siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan siswa yang memperoleh pembebelajaran dengan model konvensional pada materi zat dan perubahannya di kelas VII MTs. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Zat dan Perubahannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMITERIANIFA2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:14
Last Modified: 10 Jan 2025 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85320

Actions (login required)

View Item View Item