Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs pada Materi Sistem Pencernaan Manusia.

Ummi Salamah Lubis,, - (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

ABSTRAK Ummi Salamah Lubis, (2024): Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTsN 3 Kota Pekanbaru yang masih bersifat teacher centered sehingga belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran untuk lebih mengembangkan pengetahuannya, hal ini dapat menyebabkan kurang terlatihnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP/MTs pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group yaitu melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah selurus kelas VIII5 MTsN 3 Kota Pekanbaru sebagai eksperimen yang mendapat penerapan model Problem Based Learning kemudian kelas VIII4 MTsN 3 Kota Pekanbaru sebagai kelas kontrol yang mendapat penerapan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis pretest dan postets, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji man-whitney dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf sig. A sebesar 0.05 (0.000<0.05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP/MTs pada materi sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMiterianifa2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:16
Last Modified: 10 Jan 2025 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85316

Actions (login required)

View Item View Item