HENDA MUNAWAR DASOPANG, - (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN POTENSI BERORGANISASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
|
|
Text
SKRIPSI HENDA MUNAWAR DASOPANG.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Henda Munawar Dasopang, (2024): Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Potensi Berorganisasi Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi kepala sekolah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitiain adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan utamanya yaitu kepala sekolah dan informan pendukungnya yaitu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan 2 orang pembina organisasi dan informan tambahan berasal dari ketua osis dan 2 orang perwakilan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi kepala sekolah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik adalah a) perencanaan strategi dengan menganalisis terhadap lingkungan internal dan eksternal, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan selama satu periode jabatan organisasi, mulai dari kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS), pelatihan, dan kagiatan lainnya yang menunjang potensi berorganisasi peserta didik b) pengorganisasian strategi dengan mengelompokkan pembina sesuai keahliannya dan melengkapi peralatan organisasi c) implementasi strategi dengan pelaksanaan LDKS, pemberian motivasi dan penghargaan terhadap prestasi organisasi, mengadakan kegiatan porseni, dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dan pembina d) evaluasi strategi dengan pelaksanaan rapat pembina dan ketua organisasi setiap tiga minggu sekali dan evaluasi laporan pelaksanaan program dilakukan diakhir masa periode satu tahun sekali dengan LPJ. 2) faktor pendukung strategi dalam peningkatan potensi berorganisasi adalah guru yang berkualifikasi dan kompeten dalam berorganisasi, adanya dukungan dana dari pemerintah, adanya dukungan dari masyarakat dan kurikulum yang mendukung dengan kebutuhan. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya fokus pengurus dan pembina dalam membimbing peserta didik dan kecemburuan antar organisasi. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Berorganisasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:45 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:46 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |