Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Praktikum Berbasis Daily Life Pada Materi Laju Reaksi

Ervina Wilandri Agustin, - (2024) Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Praktikum Berbasis Daily Life Pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

ABSTRAK Ervina Wilandri Agustin (2024) : Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Praktikum Berbasis Daily Life Pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembelajaran sains yang dapat mengembangkan sikap siswa untuk membangun ide, menemukan fakta, dan juga menerapkan teori dalam lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui praktikum berbasis daily life pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA 5 yang berlokasi di SMA Negeri 12 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui praktikum berbasis daily life pada materi laju reaksi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 34 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa, digunakan observasi praktikum, soal tes yang berbentuk essay dan wawancara siswa sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa dari hasil observasi praktikum didapat delapan indikator yang dianalisis dengan kategori sangat baik dan pada tes essay ada empat indikator dengan kategori cukup yaitu indikator mengamati, menerapkan konsep, berkomunikasi dan berhipotesis, serta empat indikator dengan kategori baik yaitu indikator mengelompokkan, menafsirkan, mengajukan pertanyaan dan merencanakan percobaan. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Praktikum Berbasis Daily Life, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZONA OCTARYA2028108401zona.octarya@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:26
Last Modified: 09 Jan 2025 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85292

Actions (login required)

View Item View Item