Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM MATERI KISAH SAHABAT-SAHABAT NABI DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BEHAVIORAL MODELS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 SUNGAI PUTIH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nurmisdarwati (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM MATERI KISAH SAHABAT-SAHABAT NABI DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BEHAVIORAL MODELS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 SUNGAI PUTIH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012713.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada murid kelas Kelas V SD Negeri 012 Sungai Putih Kecamatan Kampar Timur yaitu rendahnya motivasi belajar Pendidikan Agama Islam murid khusus pada materi kisah Nabi/Rasul, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian melalui Strategi Pembelajaran Behavioral Models. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Pembelajaran Behavioral Models dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Kisah Sahabat Sahabat Nabi pada siswa kelas V SDN 012 Sungai Putih Kecamatan Kampar Timur Penelitian ini dilaksanakan di SDN 012 Sungai Putih Kecamatan Kampar Timur, Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi motivasi belajar murid selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi Pembelajaran Behavioral Models Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar murid. Pada pertemuan pertama mencapai 50% pada klasifikasi “Cukup Tinggi”. Pada pertemuan kedua mencapai 56% klasifikasi “Cukup Tinggi). Siklus ke II menunjukkan peningkatan pada pertemuan ketiga mencapai 62% klasifikasi ”Tinggi” dan pada pertemuan keempat mencapai 77% juga pada klasifikasi ”Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa dengan Strategi Pembelajaran Behavioral Models dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar murid Kelas V SD Negeri 012 Sungai Putih Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Artinya apabila diterapkan Strategi Pembelajaran Behavioral Models secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan motivasi belajar murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:27
Last Modified: 26 Oct 2016 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item